Ngobrol Santai Three Jokers

Hai Kawan !
Kembali lagi di blog gue pembatas komik.

Hari ini gue mau ngebahas komik Three Jokers yang 17 Juni 2020 nanti akan keluar.
Komik DC sebenarnya sudah menyinggung keberadaan 3 Joker semenjak 2016 silam pada event komik Darkseid War, dimana Batman mendapatkan Mobius Chair yang merupakan kursi dari Dewa Pengetahuan para New Gods, Metron.

Kursi tersebut memberikan jawaban atas segala pertanyaan yang ditanyakan oleh Batman, bahkan saat dia mengetahui keberadaan Joe Chill pelaku pembunuh ortu dari Bruce Wayne dia langsung memberi ganjaran kepada orang itu.

Sebuah hal menarik muncul, ketika Batman bertanya identitas Joker dia malah diberitahukan tentang keberadaan 3 Joker. Walau akhirnya Batman terpisah dengan kursi dewa yang memberikan seluruh pengetahuan di alam semesta, pengetahuan tentang 3 Joker itu tetap bersarang di kepala Batman.
Akan tetapi DC tidak mengembangkan cerita tersebut sama sekali dari sana, hanya menyinggung sedikit di DC Rebirth dan The Button. Dan sisanya seperti melupakan kalau Joker itu ada 3.

Seperti cerita The War of Jokes and Riddles bahkan di Dark Knight Metal sendiri DC seperti lupa ingatan dan meninggalkan fakta kalau Joker itu ada 3, yang muncul disana hanyalah satu Joker tanpa menyinggung keberadaan 2 lainnya.

Dan sekarang di 2020 seujug-ujug cerita ini muncul kembali, padahal dunia komik DC sedang peralihan dari event post-Rebirth ke event teranyarnya 5G (The Fifth Generation), yang pada event tersebut dikatakan akan memperkenalkan pahlawan-pahlawan pengganti dari pahlawan yang sudah menjadi pakem DC sekarang.

Selain itu juga komik Three Jokers juga dirilis di Black Label yang biasa memuat konten dewasa karena kontennya yang eksplisit atau terlalu sadis untuk diterima anak. Black Label sendiri sebelumnya biasa menerbitkan konten komik DC yang tidak canon pada cerita utama.

Jadi gak tau juga apa cerita ini bakal canon ke cerita utama atau enggak, apalagi pada teaser komiknya diperlihatkan kehadiran Alfred membantu Batman berjalan, sedangkan bagi yang mengikuti komik DC sekarang pasti mengetahui kalau Alfred telah wafat ketika konfrontasi Batman dan Bane yang melibatkan Thomas Wayne dari dunia flashpoint.
Cuma kalau kita ingat Killing Joke yang awalnya dijual sebagai cerita mandiri yang tidak canon, akan tetapi karena popularitasnya dia tiba-tiba dinyatakan canon pada cerita utama bisa juga terjadi pada cerita Three Jokers ini, cuma hal ini makin membuat timeline komik DC runyam.

Semenjak Doomsday Clock diundur tamatnya pada tahun 2019 kemarin dan dimulainya event year of villain, entah kenapa timeline DC jadi membingungkan.

Kalau kalian baca komik Justice League volume 40 dimana dikatakan oleh DC kalau ceritanya sebelum event year of villain yang melibatkan Perpatua. Akan tetapi, di cerita itu juga Superman menyinggung tentang dirinya yang sudah membongkar identitas rahasianya, Clark kent ke seluruh dunia. Padahal pada cerita yang melibatkan Perpatua tersebut Superman masih terlihat belum membongkar identitas rahasianya sebagai Clark Kent.

Itu hanya satu dari beberapa contoh timeline DC yang sudah mulai runyam, year of villain sendiri terjadi sebelum Doomsday clock akan tetapi Justice Society diperlihatkan muncul dicerita itu, padahal seharusnya Justice Society tidak terbentuk karena manipulasi oleh Dr. Manhattan.

Balik lagi ke cerita Three Jokers soalnya kalau ngomongin kejanggalan timeline komik bakal panjang entah itu komik DC ataupun Marvel. Enggak seperti teaser awalnya 3 tokoh Joker yang nanti diceritakan pada 3 volume komik Three Jokers itu telah diganti dengan 3 Joker berbeda dari yang sudah disinggung semenjak 2016 lalu.

Pada awalnya ditahun 2016, 3 Joker itu beranggotakan Joker pertama pada cerita Batman yang konyol, Joker sadis dan manipulatif pada cerita Killing Joke, dan Joker yang baru diperkenalkan setelah event Flashpoint dimana Joker tersebut abadi akibat dirinya terpapar zat Dionesium, zat yang sama yang ada pada Lazarus Pit.

Salah satu dari 3 Joker itu diganti, kalau kalian liat teaser gambar di halaman DC komik disini, kalian bisa liat kalau 3 Joker yang nanti muncul di cerita Three Jokers itu sekarang menjadi Joker pertama, Joker dari cerita Killing Joke, dan yang terakhir diganti jadi Joker dari cerita Red Hood.

Entah karena alasan apa gue sendiri gak tahu kenapa Joker abadi yang diperkenalkan dari tahun 2011 silam itu diganti jadi Joker dari cerita Red Hood. Padahal peran Dionesium, zat yang juga ada di kulit Joker abadi itu jadi salah satu zat kunci pada cerita awal Dark Knight Metal  yang bulan Mei 2020 nanti akan ada sequelnya Dark Knight Death Metal.

Kita tunggu aja rilis dari komik itu yang semoga gak diundur, karena dengan ngeliat kondisi dunia sekarang hal berbau pop kultur, komik, dan film banyak diundur. Hal itu bagus banget sih, untuk menjaga kesehatan kita biar gak nekat keluar rumah untuk mengikuti rilisan film atau event  pop kultur.

Sekian blog dari gue, masih belum bisa lanjut bikin video juga di youtube, sampai bertemu di blog selanjutnya XDb

Comments