Sekaratnya Pasar Komik Lokal di Amerika

Hala Kawan !
Kembali lagi ke blog gue, Pembatas Komik.

Hari minggu malam kemarin, ramai di twitter salah satu pelaku dagang toko lokal di Amerika yang membagi keluh kesahnya dimana tokonya diambang kebangkrutan, hal itu diperparah dengan adanya pandemi yang membuat orang tidak keluar rumah sehingga angka penjualan komik fisik berkurang.

berbeda dengan di Indonesia, di Amerika buku komik masih dijual ditoko-toko lokal yang hanya menjual komik saja.

Pada tahun 90an, penjualan buku komik berada di puncak penjualannya di era modern. Akan tetapi gemerlap kesuksesan itu tidak bertahan lama, sebelum akhirnya penjulannya terjun bebas yang menjadi salah satu faktor Marvel hampir bangkrut.

Pasarnya disana tidak benar-benar mati, bahkan konsumennya terus bertambah hingga sekarang namun angka penjualannya terus berkurang.

Akan tetapi, para pembaca baru kebanyakan hanya pembaca kasual yang kebanyakan hanya membeli 1-2 buku perbulan saja, berbeda dengan para pembaca antusias di tahun 90an yang bisa membeli buku hinggan belasan perbulan.

Toko buku lokal disana juga tidak bisa memastikan berapa jumlah buku yang distok di tokonya karena penjualannya yang fluktuatif, sedangkan ketika ada komik tersisa buku-buku itu hanya akan memenuhi gudang saja, apalagi dengan adanya back-issue atau penerbitan ulang dari pihak penerbit kalau sebuah event di dalam buku komik dimulai.

Makanya tidak aneh, ketika di twitter mereka bercerita kalau toko-toko buku komik lokal ada yang mulai tutup karena bangkrut bahkan sebelum pandemik dimulai.

Usaha preventif penerbit buku besar seperti DC dan Marvel yang menjual buku komik digital hanya menyelamatkan diri mereka saja dan memperparah situasi yang dialami toko buku lokal. Walaupun, angka penjualan buku komik digital masih rendah dibanding buku komik fisik tapi dengan semakin majunya perkembangan teknologi maka tidak aneh kalau beberapa dekade kedepan keadaan akan berbalik.

Beberapa pelaku industri di dunia buku komik seperti penulis dan penggambarnya minggu kemarin pun menanggapi hal itu di twitter, beberapa ada yang mempromosikan toko-toko buku lokal yang membutuhkan sorotan.

Gue juga enggak tau kedepannya bakal kaya gimana industri komik di Amerika, semoga krisis yang terjadi di pasar komik lokal Amerika bisa teratasi.

Sampai ketemu di blog gue selanjutnya XDb





Comments