Ngobrol Santai Ultraman Z Episode 11-14

Pada 10 episode awal Ultraman Z berfokus pada pengenalan karakter Ultraman Z serta latar buminya berada, yang bisa gue bilang cukup sukses apalagi di episode kolaborasinya dengan seniornya Ultraman Zero serta Geed mampu membuat fans Tokusatsu takjub dengan koreografi fighting dari serial Tokusatsu dengan pahlawan berbentuk raksasa cahaya satu ini.

Tapi berbeda dengan 10 episode awalnya, episode 11-14 dari Ultraman Z berfokus pada cerita drama atau lebih tepatnya ke konflik didalam hatinya Haruki.

Tapi sebelum melangkah ke episode 11, Ultraman Z dipotong dengan episode spesial yang berisi rangkuman cerita tentang robot-robot yang muncul di serial Ultraman sejauh ini, hal ini dikarenakan tim pelindung bumi di serial Ultraman Z yaitu STORAGE berbeda dengan para sesepuhnya yang menggunakan pesawat atau kendaraan khusus untuk melawan para Kaiju/Kaijin, STORAGE diserial ini menggunakan robot untuk melawan para Kaiju/Kaijin.

Episode spesial atau episode rangkuman yang memotong cerita utama sebenarnya teknik dalam serial TV yang berjalan untuk membuat penonton mengerem dan me-refresh otaknya kembali untuk bersiap pada arc cerita selanjutnya. Tapi ada cara lain juga untuk mencapai hal ini yaitu dengan memberi twist, tapi kalau terlalu sering dipakai biasanya membuat impact twist berikutnya kurang powerful dari seharusnya, makanya kadang dipotong dengan cerita spesial seperti ini.

Tapi bisa jadi alasannya bukan kaya yang gue jelasin diatas tapi lebih kearah teknis kaya wabah virus corona, yang ngebuat kaya serial Kamen Rider Zero-One kemarin sampai ada episode spesial 4 kali berturut-turut. Walaupun setelah episode spesial tersebut cerita Kamen Rider Zero-One juga memakai teknik diatas dengan langsung berlanjut ke arc cerita selanjutnya yaitu final cerita klimaks dari serialnya.


Di episode 11 kita diperkenalkan kampung halaman, orang tua Haruki serta masa kecilnya yang menjadi alasan dirinya bergabung menjadi anggota STORAGE, pendorong utama dari Haruki adalah ayahnya yang seorang pemadam kebakaran mengorbankan dirinya untuk mengevakuasi warga sekitar dari serangan Giestron.


Yang menonjol dari episode 11 adalah kita melihat Haruki untuk pertama kalinya mendapatkan konsekuensi atas aksinya sebagai Ultraman Z, karena kalau kalian sering baca komentar youtube dari episode sebelum-sebelumnya dari Ultraman Z, banyak yang mempertanyakan perbuatan Haruki yang asal membasmi Kaiju/Kaijin dan membandingkan dengan aksi damai Ultraman Cosmos dalam menangani Kaiju/Kaijin.

Apalagi kalau inget episode 3nya Ultraman Z dimana sebenarnya manusialah disitu yang mengganggu Gomora yang sedang hibernasi, tapi malahan disana Haruki membasminya dengan kekuatan baru Ultraman Z yaitu form Beta Smash.

Jadi pada episode 11 seperti biasa manusia melakukan eskavasi yang membuat seekor Kaiju mengamuk dimana pada episode ini yang menjadi monster mingguan adalah Red King, dan seperti biasanya Ultraman Z menghabisinya dengan serangan barunya Lightning Generade yang didapatkan dengan menggabungkan Ultra Medal Nexus, Mebius dan Cosmos.


Tapi setelah satu Red King dikalahkan muncul Red King lain dari wilayah eskavasi, yang disana dengan mudah Haruki hadapi dengan kekuatan Ultraman Z Gamma Future, tapi sebelum Haruki habisi Red King kedua tersebut dia menyadari kalau Kaiju tersebut menyerang untuk melindungi telurnya.

Menyadari hal tersebut Haruki langsung kaget, dan menyadari kengerian dari perbuatannya tersebut yang membuatnya sebagai pembunuh yang tidak ada bedanya dengan yang Giestron lakukan pada ayahnya di masa lalu. Haruki yang masih dipenuhi ketakutan tanpa pikir panjang langsung melindungi Red King dari serangan King Joe STORAGE Custom yang dikendalikan oleh Yoko, hal tersebut membuat robot SSA tersebut mengalami overload.

Setelah kejadian tersebut akhirnya Red King tersebut dibiarkan kabur beserta telurnya, dimana di markas STORAGE kapten Hebikura mengatakan kalau anak dari Red King tersebut bisa saja menyerang manusia di masa depan kalau dibiarkan seperti ini.

Diakhir episode kita diperlihatkan Haruki kembali dari kampung halamannya dengan membawa kenangan buruk aksinya pada Red King yang mencerminkan kenangan buruk kematian ayahnya di masa lalu.


Konsekuensi dari aksi Haruki makin berasa dengan flashback yang ditampilin di episode ini, apalagi bagi fans mungkin menyadari kalau Haruki ngelakuin "pembunuhan" diepisode ini dengan kekuatan Ultraman Cosmos yang dikenal oleh fans Ultra sebagai Ultraman yang cinta damai dimana kekuatan dari serangan penghabisannya berbeda dengan Ultraman lain, dimana dia tidak bersifat menghancurkan tapi memberi ketenangan pada monster yang mengamuk.

Terus di episode 12 luka mental Haruki masih belum sembuh dan malah makin menjadi dengan dia memikirkan semua monster yang sudah dia basmi sebelumnya yang dia bandingkan dengan apa yang Giestron lakukan pada ayahnya dulu.


Terus ada sedikit homage Ultraman R/B pada episode kali ini dengan kemunculan Kaiju Grigio Raiden yang kostumnya merupakan custom dari kostum Grigio King yang menjadi main antagonist/protagonist di serial Ultraman R/B sebelumnya. Lebih jauh lagi disini dikasih tahu juga kalau Grigio Raiden berjenis kelamin perempuan sama seperti Grigio di serial Ultraman R/B yaitu Saki Mitsurugi yang juga seorang perempuan.

Di episode ini juga dikasih tahu kalau teknologi Grigio Raiden digunakan oleh STORAGE untuk menggunakan robot SSA generasi awal seperti Sevenger dan Windom semenjak 10 tahun yang lalu.

Beberapa hal menarik diepisode 12 ini, kita melihat kembali Ultraman Z pada original formnya  dalam bentuk raksasanya yang ternyata lemah banget dibandingin Grigio Raiden. Selain itu juga kita diliatin gimana Hebikura semacam ngelarang Yoko ketika dia mau ngehabisin Grigio Raiden dengan King Joe STORAGE Custom, karena dia mungkin tahu kalau Kaiju Grigio satu ini mungkin berhubungan dengan Ultrawoman Grigio.


Pada episode 13 menceritakan rangkuman cerita petualangan Haruki dan Ultraman Z dari episode 1-12, hal itu biasa dilakukan serial yang tayang mingguan untuk menyegarkan ingatan penontonnya tentang serial yang sedang berjalan biasanya ditaruh setelah  tepat ditengah season dari keseluruhan serial yang berjalan.

Alat yang digunakan untuk mereview episode sebelumnya adalah seekor alien bernama Kanegon yang tiba-tiba muncul melahap seluruh Ultra Medal milik Haruki, yang membuatnya mengingat kembali petualangannya sebagai Ultraman Z sedari awal.


Di episode itu sebenernya udah diliatin kalau Haruki sebenernya udah paham kenapa dia harus ngelawan para monster, karena monster sendiri memiliki alasan mereka masing-masing untuk menyerang manusia walaupun alasan mereka belum tentu ingin membunuh manusia bisa saja ingin melindungi keluarganya seperti Red King di episode 11, dan kalau dia tidak berbuat apa-apa akan banyak orang terluka. Tapi walaupun Haruki sudah mengetahui hal tersebut dia tetap belum menemukan dorongan untuknya bertarung kembali.

Banyak homage dan easter egg juga dari seri sebelumnya kayak Kanegon nyebut form Beta Smash sebagai "akai otoko" yang kalau diterjemahin itu Redman, nama karakter tokusatsu lain yang emang mirip bentukannya mirip kaya form Beta Smash. Terus crosstouch antara Haruki sama Ultraman Z juga udah jelas homage dari crosstouch yang dilakukan Ultraman Hayata sama Ultraman Z di film spesial perayaan hari Ultraman sebelumnya. Terus juga yakisoba yang disiapin Yoko buat Haruki juga itu easter egg untuk Gai Kurenai, host dari Ultraman Orb dimana topi khas dia sama julukannya sebagai pengembara tertempel sebagai merk di Yakisoba tersebut.

Terus episode 14 menjadi penutup arc konflik hati Haruki, terus kita diliatin juga sisi lain dari Yoko yang sebelumnya keliatan siap ngebasmi para monster dan menanggung beban tugasnya karena itu adalah pilihan dia sebagai pelindung manusia dan juga pilot dari King Joe STORAGE Custom, tapi dia sendiri ngerasa takut setelah ngerasain kekuatan dari King Joe STORAGE Custom saat ngebasmi Grigio Raiden di episode 12 kemarin, dan dia gak yakin kalau manusia siap dengan kekuatan sebesar itu juga.


Performa King Joe STORAGE Custom yang jauh diatas Windom sama Sevenger, ngebuat momen agak sedih juga karena di episode ini Sevenger jadi dimuseumkan setelah kita melihat petualangannya semenjak episode 1.

Terus yang berasa sedih tuh pertemuan Haruki dan bapaknya di masa lalu yang scene nyambung banget dengan flashback Haruki di episode 11, disitu dia dapet dorongan untuk bertarung kembali dengan alasan yang jelas melindungi orang disekitarnya. Simple sih adegannya tapi kerasa sedih juga, pas bapaknya sadar itu Haruki di masa depan juga sebagai penutup yang baik buat pertemuan mereka.

Lainnya yang menarik adalah akhirnya ngeliat Kapten Hebikura beneran ke WC, setelah selama ini cuma dia jadiin alesan buat bisa mewujud diam-diam kebentuk aslinya sebagai Jugglus Juggler.

Terus figthingnya Gamma Future sama Bullton bener-bener adu kekuatan yang multi-tasking abis, ngeliatnya antara wah sama kocak juga, hahahaha....


Episode 14 berakhir dengan tawa Greeza, yang ngingetin kengerian dia sebelumnya di Ultraman X.

Trailer episode 15 diakhir episode juga cukup baik dengan nunjukin seberapa bahayanya Greeza di episode mendatang, dan wajar banget dia harus Ultraman Z hadapi dengan power up baru yaitu form Delta Rise Claw.

Buat yang gak tahu Greeza itu main antagonist serta last boss di serial Ultraman X, yang X kalahin dengan nyerap semua kekuatan Spark Doll dan Cyber Card dari para Ultraman serta Kaiju yang ada, karena emang Greeza bisa dibilang IMBA banget bukan karena dia kuat doang kalau itu sih Geed atau Ultraman senior lainnya juga bisa hadapi kalau cuma monster kuat. Tapi dia itu monster yang unik karena keberadaannya itu sebenarnya gak ada dia sama kaya kekosongan di ruang doang untuk ngalahinnya juga perlu cara yang unik.

Man, udah lama banget gak update blog jadi kangen walau gak ada yang baca juga gak apa-apa sih soalnya emang asyik nulis tuh menurut gue yah. Jadi kalau ada waktu kosong kaya sekarang bawaannya emang pengen nulis iseng entah itu ngobrol santai kaya ini atau apa aja yang pengen dibahas.

Minggu ini juga channel Youtube juga mulai bakal upload lagi semoga sekarang bisa lebih rutin dan gak kebanting sama kesibukan yang ada didunia nyata.

Okelah kalau gitu sampai ketemu di blog berikutnya dadah XDb

 








Comments